Perduli Lingkungan ala SMA YPPI 2

Posted by SMA YPPI 2 on 10/14/2014 09:39:00 PM with No comments


Menggalakan program penghijauan dan konservasi air merupakan usaha penting yang berguna untuk kondisi lingkungan sekolah . Sebagai warga sekolah sudah sepatutnya memiliki inisiatif ataupun kemauan untuk merawat,menjaga lingkungan sekolah .

Usaha tersebut dilakukan siswa dengan cara menyiram tanaman greenhouse setiap pagi dan setelah pulang sekolah , membersihkan kelas masing-masing , melakukan penghijauan lingkungan dengan menanam sawi ,bayam dan kangkung juga dengan melakukan pengomposan untuk mendukung usaha penghijauan,pemilahan sampah”  dll .

Usaha-usaha tersebut melibatkan seluruh warga sekolah untuk mempertahankan kondisi lingkungan sekolah yang asri karena dipenuhi berbagai tanaman . Setiap kelas sudah seharusnya menjadi tanggung jawab warga kelas untuk membersihkan lingkungan kelas , oleh karena itu jumat bersih merupakan program wajib siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah .

Selain itu terdapat pula peraturan denda bagi siswa yang membuang sampah sembarangan , denda tersebut didasari oleh tindakan siswa itu sendiri dan kesadaran siswa itu sendiri terhadap lingkungannya sehingga bukan lagi diingatkan melainkan tanggung jawab siswa tersebut dalam membentuk karakter yang perduli terhadap lingkungan bersama .

Tidak berhenti di penghijauan lingkungan serta kebersihan sekolah  , SMA YPPI 2 juga memiliki bentuk usaha positif dalam mengurangi sampah plastic dan kertas seperti diberlakukannya penggunaan kotak makan di kantin sekolah untuk mengurangi sampah plastic , adannya bank sampah disekolah untuk ,mengurangi timbunan sampah disekolah dan penggunaan kembali botol-botol plastic sebagai media penanaman vertical .

Selain itu dalam menggalakan usaha konservasi air , SMA YPPI 2 melakukannya dengan cara dibuatnya beberapa lubang resapan biopori ,  menampung air ac untuk menyiram tanaman serta menempelkan stiker-stiker kecil didekat stopkontak dan kran air guna mengurangi pemakaian energy listrik dan air .

Hal-Hal tersebut merupakan usaha dalam menggalakan program lingkungan SMA YPPI 2 yang diharapakan akan terus berkelanjutan dan terus menambah inovasi yang dapat menjaga lingkungan sekitar .