Bank Sampah SMA YPPI 2

Posted by SMA YPPI 2 on 10/13/2014 10:12:00 PM with No comments



Manusia setiap harinya memiliki sampah yang dihasilkan melalui aktivitas sehari-hari . Sampah yang terus menerus dihasilkan tanpa dipilah terlebih dahulu tentu memberikan akibat negative yakni menumpuknya sampah-sampah yang dihasilkan manusia . Alhasil banyaknnya sampah tersebut membuat suatu masalah besar bagi lingkungan kita semua , akibat kurang mampunya mengontrol sampah dan tidak memilah sampah-sampah tersebut dari awal .

         Sampah plastic dan kertas merupakan sampah yang sering dihasilkan oleh warga sekolah , dari situ kami melihat bahwa sampah yang dihasilkan hanya terbuang sia-sia dan tidak ada manfaatnya .Bahkan seringkali sampah tersebut menumpuk dan tidak terkendali sehingga mengakibatkan timbunan sampah yang merugikan lingkungan . Dengan diadakkannya Bank sampah di SMA YPPI 2 mendorong siswa-siswi SMA YPPI 2 untuk mengumpulkan botol mineral plastic dan Koran-koran yang sudah tidak terpakai disekolah .

      Setiap kelas diwajibkan untuk memiliki kantong/kotak tersendiri sebagai wadah dari botol-botol bekas dan kertas Koran milik warga sekolah . Kami memandang dengan diadakannya Bank sampah ini mampu membuat sampah-sampah plastic maupun kertas di olah kembali atau dipakai kembali baik untuk didaur ulang sebagai kerajinan juga bisa dijual kepada pengepul botol yang membutuhkan botol-botol tersebut.

     Bank sampah memberikan peran penting untuk mengontrol sampah sekolah karena dengan adannya bank sampah tentunya dapat mengurangi timbunan sampah yang ada di sekolah . Sedikit demi sedikit kami mengumpulkan dan memilah sampah plastic serta kertas yang ada disekolah untuk kami kumpulkan di Bank sampah sekolah .

      Sampai saat ini SMA YPPI 2 telah mengumpulkan 35kg Koran bekas serta beberapa botol-botol plastic bekas . Adanya Bank sampah dijadikan sebagai perantara untuk menjual botol-botol mineral bekas dan Koran bekas kepada pengepul . Dengan begitu adanya bank sampah sekolah sangat membantu menjaga lingkungan kita semua .