Pembelajaran Tematik

Posted by SMA YPPI 2 on 9/19/2014 04:48:00 PM with No comments



Pembelajaran Tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa.

Tujuan:
1.      Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
2.      Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama,
3.      Pemahaman terhadap materi pembelajaran lebih mendalam dan berkesan,
4.      Kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa,
5.      Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas,
6.      Siswa lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi yang nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam suatu matapelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lainnya,
7.      Guru dapat menghemat waktu karena matapelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan dan waktu selebihnya dapat digunakan untuk remidial, pengayaan, dll.

Metode pembelajaran tematik di SMA YPPI 2 Kapasari, Surabaya ini dilaksanakan pada tanggal 15 September 2014 serta diikuti oleh para siswa siswi SMA YPPI 2, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12 juga para bapak dan ibu guru sebagai penonton dan jurinya.

Dalam acara ini tiap kelas harus menampilkan 3 buah penampilan yaitu, yang pertama dari para ambassador yang telah ditunjuk oleh bapak/ibu guru dan yang kedua dan ketiga penampilan talent show dari siswa siswi dari tiap kelas dan acara itu berlangsung setelah upacara pelantikan pengurus OSIS baru tahun ajaran 2014-2015 di SMA YPPI.

Di kelas X-MIA menampilkan tiga buah acara, yaitu: drama musikal, membaca puisi, dan menyanyi dengan diiringi alat musik gitar, kelas X-IIS menampilkan dan menerangkan tentang adat Jawa Tengah dan menyanyi lagu daerah dan masih banyak penampilan lainnya yang tidak kalah menarik dari dua kelas tersebut malahan banyak yang lebih bagus dan kreatif. Dan dari sinilah kita tahu bahwa Indonesia itu sangat beragam jenis suku, bahasa, dan agamanya, selain itu kita juga bisa mempelajari banyak budaya yang ada di Indonesia ini selain di Jawa Timur.

Di kelas kami para siswa sangat antusias sekali dalam mengikuti acara tematik ini dan sebelum kami tampil beberapa hari sebelumnya kami berlatih dengan giat supaya pada hari H-nya kami bisa menampilkan tampilan dengan hasil semaksimal mungkin. Karena bagi kami acara ini banyak sekali manfaatnya, antara lain:

1.      Melatih kemandirian
2.      Melatih kekreatifitasan diri
3.      Mejalin hubungan yang akrab antar kakak kelas dan adik kelas
4.      Mengembangkan potensi yang ada pada siswa
5.      Belajar dari yang senior
6.      Melatih kepercayaan diri
7.      Melatih pola pikir panjang dan teratur/mind mapping

Jadi dengan adanya acara ini para siswa bisa menjadi lebih tahu dan menambah informasi, jadi tidak hanya guru saja yang menerangkan matapelajaran malahan muridnya yang diminta menerangkan tentang beberapa matapelajaran tersebut.

Dengan demikian acara tematik tersebut berjalan lancar dan benar-benar bermanfaat bagi setiap siswa SMA YPPI 2, karena dengan adanya acara ini setiap siswa bisa menjadi lebih akrab dan lebih percaya diri. Dengan itu acara ini perlu diadakan lagi ditahun-tahun yang akan datang untuk lebih mengasah kekreatifitasan para siswa.