Pembuatan Dendeng Jantung Pisang

Posted by SMA YPPI 2 on 9/22/2013 08:32:00 PM with No comments
Hai semua, nih ada info seputar makanan yang sehat nan nikmat buat teman – teman.

Senin (26/8), siswa – siswi dari kelas XII IPA SMA YPPI – II Surabaya baru saja melakukan praktek tentang pembuatan dendeng jantung pisang. Ada yang tahu apa itu jantung pisang ?? Jantung pisang adalah bunga pisang yang akan bertukar menjadi buah pisang apabila matang. Jantung pisang ada dijual dipasar – pasar untuk dijadikan ulam oleh masyarakat Melayu. Jantung pisang akan dicelur sebelum dihidangkan untuk dimakan bersama sambal belacan. Jantung Pisang atau kembang pisang adalah bagian dari ujung tandan buah pisang, disebut jantung karena bentuknya seperti organ jantung. Jantung pisang sulit ditemui, karena hanya terdapat satu pada setiap tandan pisang, dan jantung pisang harus di potong atau di buang agar tidak menghambat pertumbuhan buah pisang pada tandan tersebut, dan juga mencegah penyakit pada pisang tersebut, maka dari itu jantung pisang sering disebut limbah dari pohon pisang.

Kenapa mereka memilih jantung pisang ?? Karena ternyata jantung pisang selain harganya murah, juga memiliki banyak manfaat. Di dalam jantung pisang terdapat fosfor, kalsium, vitamin C, mineral, vitamin B1. Karena itu jantung pisang di anggap salah satu makanan yang lengkap akan nutrisi. Jantung pisang juga sangat baik untuk berdiet. Karena jantung pisang mengandung sedikit lemak. Jantung pisang aman dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki indek glikemik rendah, menjadi insulin yang mampu membantu mengubah senyawa glukosa ke energi cukup sedikit. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi jantung pisang, usus dapat bergerak lebih stabil dan menyebabkan pencernaan dalam tubuh lancar. Jantung pisang juga membantu mengeluarkan kolesterol jahat di dalam tubuh, dan membuangnya melalui buang air besar.

Karena jantung pisang tidak dapat dikonsumsi begitu saja, maka teman – teman dari XII IPA menciptakan sebuah inovasi dari jantung pisang itu, yaitu dengan cara mengolah jantung pisang menjadi dendeng jantung pisang. Mau tahu bagaimana cara membuatnya ?? Yukk kita lihat …

ALAT DAN BAHAN
1. 3 buah Jantung pisang
2. 1 sdm jinten bubuk
3. 1 sdm ketumbar bubuk
4. 250 gr gula merah
5. Minyak goreng
6. Air
7. Garam secukupnya
8. Pengukus
9. Wajan
10. Sutil
11. Sendok
12. Serbet / lap
13. Pisau
14. Telenan
15. Baskom / mangkok besar
16. Kompor

CARA KERJA
1. Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
2. Mengupas kulit jantung pisang sampai kulit luar yang berwarna merah.
3. Mengukus jantung pisang.
4. Mencampur gula merah, jinten, ketumbar, dan garam untuk membuat bumbu dendeng.
5. Memeras jantung pisang yang telah dikukus untuk menghilangkan air dalam jantung pisang.
6. Mencampurkan jantung pisang dengan bumbu dendeng.
7. Mendiamkan campuran jantung pisang dengan bumbu selama 15 menit agar bumbu dendeng meresap.
8. Menggoreng jantung pisang yang telah diberi bumbu.
9. Dendeng siap dinikmati.

Nahh, mudah kan ?? semoga informasi ini bisa berguna buat teman – teman semua.
Selamat mencoba
Categories: ,